3Dimension Physics Simulation Simulasi Fisika 3 Dimensi Berbasis Pemrograman Scratch Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang
diposting pada tanggal 16 Jun 2014 pukul 7:03:22 WIB
oleh axmad386

Gerak Sikloid (Cycloid Motion)

Contoh gerak partikel bermuatan di dalam medan listrik dan medan magnet yang sangat menarik adalah gerak cycloid. Gerak ini terjadi apabila sebuah partikel bermuatan yang diam diletakkan di dalam sebuah medan magnet homogen yang tegak lurus dengan medan listrik homogen. Lihat gambar di bawah ini.

cycloid.png
Gerak Cycloid sebuah proton di dalam medan listrik dan medan magnet homogen yang saling tegak lurus

Untuk lebih jelasnya silahkan jalankan program simulasi di bawah ini dengan menset variabel yaitu semua variabel diberi nilai nol, kecual B(z)dan E(y).

Penjelasan:
Medan magnet pada arah z dan medan listrik pada arah y. Pada mula-mula partikel diam, sehingga besar gaya magnet adalah nol. Kemudian partikel dipercepat oleh gaya listrik sehingga timbul kecepatan. Dengan adanya kecepatan partikel, maka gaya magnet akan bekerja membelokkan gerak partikel sampai pada suatu keadaan di mana kecepatan partikel menjadi nol lagi dan besar gaya magnet menjadi nol. Partikel akan dipercepat kembali oleh gaya listrik dan begitu seterusnya sehingga partikel bergerak membentuk cycloid.
Silahkan dicoba dengan mengganti variabel v(y) menjadi nol dan v(x) menjadi tidak nol. Apa yang akan terjadi?
Silahkan berkesperimen dan selamat mencoba.
Kategori: materi
Komentar
Tidak ada komentar di postingan ini
Silahkan login untuk menambahkan komentar