3Dimension Physics Simulation Simulasi Fisika 3 Dimensi Berbasis Pemrograman Scratch Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang
diposting pada tanggal 07 Jun 2014 pukul 22:11:12 WIB
oleh telogodhog

Medan Listrik Dan Gaya Listrik

Medan listrik didefinisikan sebagai ruang disekitar muatan listrik sumber dimana muatan listrik lainnya dalam ruang ini akan mengalami gaya Coulomb atau gaya listrik (tarik atau tolak).

3.jpg
Gaya Listrik

Benda bermuatan yang menghasilkan medan listrik kita namakan muatan sumber. Muatan lain yang diletakkan dalam pengaruh medan listrik muatan sumber kita namakan muatan uji. Kuat medan listrik pada lokasi dimana muatan uji berada kita definisikan sebagai besar gaya coulomb (gaya listrik) yang bekerja pada muatan itu dibagi dengan besar muatan uji.

E = F/q0

Keterangan :
E = kuat medan listrik (N/C)
F = Gaya Coulomb (N)
q0= besar muatan uji (C)

Sehingga dapat kita tuliskan, gaya yang dialami sebuah muatan akibat pengaruh medan magnet adalah

F = q0E

Dapat kita lihat bahwa arah gaya ini searah dengan vektor medan listrik E. INGAT arah ini untuk muatan positif. Untuk muatan negatif, maka arah gaya ini berlawanan dengan arah medan listrik.

Untuk lebih jelasnya silahkan jalankan program simulasi di bawah ini dengan menset variabel (ikon $ pada bagian menu) sebagai berikut:

  • v0(x) = 10 x 0.0001 m/s
  • E(y) = 10 x 1000 N/C

Untuk variabel lain kita beri nilai nol (kita hanya ingin melihat gaya akibat medan listrik)

Penjelasan:
Elektron mula-mula diberi kecepatan awal pada arah sumbu x. Karena ada medan listrik pada arah sumbu y positif, maka elektron akan mengalami gaya listrik pada arah sumbu y negatif (ingat, muatan elektron negatif). Sehingga elektron akan dibelokkan ke arah sumbu y negatif.
Silahkan dicoba dengan mengganti muatan menjadi positif. Lihatlah apa yang akan terjadi, atau silahkan ubah variabel lain untuk bereksperimen. Selamat mencoba.
N.B. Klik menu help (ikon ?) untuk penjelasan penggunaan media.
Kategori: materi
Komentar
Akhmad Salafudin
admin
7 years ago
_

mas reza, kategorinya diganti menjadi "materi" saja. Biar nanti user mengaksesnya lebih mudah. Terimakasih :)

Reza Achmad Furqoni
admin
7 years ago
_

done

Akhmad Salafudin
admin
7 years ago
_

Info: server scratch.mit.edu sedang mengalami gangguan. Jika media simulasi tidak berhasil ditampilkan, silahkan klik tombol "Lihat/Sembunyikan Simulasi" dan tunggu sampai proses loading selesai. Terimakasih

Silahkan login untuk menambahkan komentar