3Dimension Physics Simulation Simulasi Fisika 3 Dimensi Berbasis Pemrograman Scratch Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang
diposting pada tanggal 16 Jun 2014 pukul 5:46:02 WIB
oleh axmad386

Gerak Helix

Gerak helix ini konsepnya sama seperti gerak siklotron. Pada gerak siklotron, partikel bermuatan (misal elektron) pada mula-mula mempunyai kecepatan yang arahnya tegak lurus dengan medan magnet. Berbeda dengan gerak helix, pada mula-mula partikel bermuatan tidak hanya mempunyai komponen vektor kecepatan yang tegak lurus dengan medan magnet, melainkan mempunyai komponen vektor kecepatan yang sejajar dengan medan magnet. Kita sebut saja v||. Lihat gambar di bawah ini.

7.jpg
Gerak helix karena adanya vektor kecepatan v||

Untuk lebih jelasnya silahkan jalankan program simulasi di bawah ini dengan menset variabel (ikon $ pada menu) yaitu dengan memberi nilai nol pada semua variabel kecuali v0(x), v0(z) dan B(z).

Penjelasan:
Gerak ini terjadi karena adanya gaya magnet B(z) yang arahnya selalu tegak lurus dengan komponen vektor kecepatan v(x). Sehingga gerak partikel menjadi melingkar. Akan tetapi dengan adanya v(z) yang sejajar dengan B(z), vektor kecepatan ini tidak menimbulkan gaya magnet (nilai cross product untuk sudut yang sejajar adalah nol), melainkan menggerakkan partikel ke arah sumbu z. Sehingga terbentuklah lintasan helix.
Silahkan dicoba, apa yang akan terjadi apabila medan magnet dibesarkan?
Silahkan bereksperimen dan selamat mencoba.
Kategori: materi
Komentar
Tidak ada komentar di postingan ini
Silahkan login untuk menambahkan komentar